Inspeksi dan SPP-IRT

Setelah penyerahan dokumen dan persyaratan pada tanggal 6 Juni kemarin, petugas dari PTSP menghubungi kami untuk melakukan inspeksi di lokasi produsi kami. Berdasarkan kesepakatan, inspeksi dilakukan pada hari Kamis, 15 Juni 2017. Tidak ada persiapan khusus saat akan diinspeksi. Kami hanya membersihkan rumah, khususnya dapur yang berfungsi sebagai tempat produksi. Kami juga menempelkan beberapa informasi seperti S.O.P (Standard Operating Procedure), cara mencuci tangan yang baik, atribut yang harus dipakai saat masuk ke ruang produksi, dan sebagainya. Pada saat inspeksi, petugas dari PTSP datang ke rumah saya yang merupakan tempat produksi BOOMBAYAH. Petugas inspeksi terdiri dari dua orang, yaitu Ibu Lena dan bapak Akbar. Pada saat inspeksi, mereka mendokumentasikan tempat produksi, alat dan bahan yang digunakan, serta S.O.P dari pembuatan produk BOOMBAYAH. Kami juga ditanyakan mengenai proses pembuatan stik singkong BOOMBAYAH dari awal pencucian hingga proses pengemasan. Setelah kurang lebih 1,5 jam mereka menginspeksi lokasi produksi, mereka pun pulang setelah menandatangani bukti inspeksi yang juga ditandatangani oleh saya selaku pemilik usaha.

DAN AKHIRNYA…..

Setelah menunggu selama beberapa minggu (karena terpotong hari raya Idul Fitri), pada tanggal 10 Juli 2017, petugas layanan AJIB (Antar Jemput Izin Bermotor) menginformasikan bahwa Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) untuk produk stik sngkong BOOMBAYAH telah jadi dan siap untuk dikirim ke rumah saya. Saya menyiapkan bukti pengambilan yang harus diserahkan kepada petugas saat pengambilan SPP-IRT. Setelah SPP-IRT diantar ke rumah, saya mengambil SPP-IRT tersebut pada keesokan harinya untuk dibawa ke kampus dan diperlihatkan kepada anggota kelompok TEBU yang lain. Kami juga menginformasikan kepada kelompok Dugong selaku tim pendamping bahwa kami telah mendapatkan SPP-IRT.

Inilah hasil perjuangan kami pada mata kuliah Keterampilan Manajemen di Semester 6 ini. Terima kasih kepada Bapak Albert P. Kuhon selaku dosen pengampu mata kuliah. Terima kasih juga saya ucapkan kepada teman-teman seperjuangan di kelompok Tebu (Apristia Ruvinty, Evlyn Laurenthia, Janice Michaela, dan Noor Qomariyah), dan terima kasih kepada kelompok Dugong yang telah membantu kelompok kami.

 

479125

 

Terima kasih,

Devi Natalia

Advertisements

One thought on “Inspeksi dan SPP-IRT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s