Kunjungan ke Labkesda

Pada hari Selasa, 16 Mei 2017, kelompok Tebu berencana akan pergi ke Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah) yang berlokasi di Jl. Rawasari Sel. No.2, RT.16/RW.2,  Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510 . Kami pergi ke Labkesda dengan membawa produk BOOMBAYAH yang akan diuji sebagai salah satu persyaratan untuk mengajukan nomor P-IRT. Kami telah membuat produk BOOMBAYAH satu hari sebelum kami pergi ke Labkesda. Produk dibuat dan dikemas dengan rapi serta dilengkapi dengan label. Pada hari sebelumnya, kami juga telah menelepon Labkesda untuk memastikan bahwa kami dapat datang kesana pada keesokan harinya. Kami pun menghubungi BPMPTSP (Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu) untuk menanyakan apa saja komponen yang perlu diuji sebagai persyaratan untuk mengajukan nomor P-IRT.

Pada keesokan harinya, kami berangkat ke Labkesda dari Gading Serpong dengan kendaraan umum. Kendaraan yang kami gunakan adalah Transjakarta. Perjalanan dengan kendaraan umum membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Kami tiba disana pada pukul 13.30. Sesampainya disana kami langsung masuk dan menemui petugas disana. Kami menceritakan maksud kedatangan kami. Disana, kami diminta untuk mengisi formulir mengenai informasi perusahaan serta produk kami. Setelah itu, kami memberitahu bahwa kami akan menguji Pengawet, Pewarna, dan Pemanis pada produk kami sebagai salah satu syarat untuk mengajukan nomor P-IRT.

Setelah mengisi formulir dan menyerahkan produk, kami diminta untuk membayar biaya uji. Untuk uji pewarna, pengawet, dan pemanis, biaya uji yang diminta sebesar Rp650.000,-. Saya pun mengambil uang di ATM terdekat untuk membayar biaya lab. Setelah membayar, kami diberikan bukti pembayaran serta lembar yang digunakan untuk mengambil hasil uji lab. Kami dijanjikan bahwa proses uji lab akan memakan waktu maksimal 15 hari kerja dan kami dapat mulai menanyakan hasil uji mulai dari hari ke-10.

Demikian proses uji lab yang dilakukan di Labkesda Jakarta. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin melakukan uji lab, baik untuk pengajuan nomor P-IRT maupun untuk tujuan lainnya.

~وداعا!~

Leave a comment